MAHASISWA UNIKAMA AJAK MASYARAKAT DESA PURWOSEKAR SADAR KESEHATAN LEWAT EKONOMI KREATIF BUNGA TELANG

  • Aug 23, 2023
  • PURWOSEKAR.TAJINAN

ALHAMDULILLAH SADAR KESEHATAN LEWAT EKONOMI KREATIF TANAMAN TELANG, KKN UNIKAMA PURWOSEKAR 2023

Sosialisasi  mengenai  “ Budidaya Bunga Telang dan Pemanfaatan di Desa Purwosekar Dusun Tubo Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Diselenggarakan hari   Jum’at, 11 Agustus 2023  (15.00-16.00) merupakan program kegiatan  KKN (Kuliah Kerja Nyata) Mahasiswa Kelas Karyawan Angkatan 2020 Universitas PGRI Kanjuruhan  Malang (UNIKAMA) Fakultas Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pada  kegiatan tersebut terdapat perwakilan peserta KKN sebagai Narasumber kegiatan Yaitu Lailatus Solikha

Kegiatan  sosialisasi  diikuti oleh Ibu-ibu PKK dan Masyarakat desa Purwosekar  sejumlah total 24 Orang. Kegiatan ini dilakukan selain bertujuan untuk meningkatkan  taraf ekonomi masyarakat juga bertujuan untuk membuka kesadaran masyarakan akan pentingny a menjaga kesehatan tubuh dengan mengurangi gula, dimana gula adalah raja dari segala penyakit fisik yang dialami manusia.

Kegiatan sosialisasi tersebut diawali dengan sambutan oleh perwakilan desan dan dilanjut sambutan dari ketua KKN UNIKAMA Hanna Irfani Fauziah dilanjut  pemaparan materi dan dilanjutkan diskusi yang dipandu oleh Maslakha Indaini sebagai moderator. Materi yang disampaikan pembicara dalam sarasehan mencakup: (1). Tujuan Penanaman Bunga Telang , (2). Pemanfaatan pembuatan   Pada pemaparan tentang budi daya tanaman telang dijelaskan oleh narasumber bahwa tanaman telang mudah tumbuh dan dapat membantu menyuburkan tanah karena adanya bintil akar yang dapat menambat nitrogen udara. Namun demikian tanaman telang bentuk pertumbuhannya menjalar sehingga dalam perawatan tanaman diperlukan ajir atau para-para. Pertumbuhan tanaman dapat dibatasi melalaui pemangkasan tunas pucuk atau aplikasi growth retardant. Bunga telang yang sudah mekar dapat dipanen dan langsung dimanfaatkan untuk pewarna makanan atau minuman. Jika jumlah bunga yang dipanen banyak dapat dikeringkan dan disimpan untuk jangka waktu tertentu. Ekstrak bunga telang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu dijelaskan juga   pigmen antosianin bunga telang telah berhasil dimanfaatkan sebagai pewarna alami pada pembuatan beberapa bahan pangan antara lain nasi, kue pasar, minuman, dll.

Selain penjelasan narasumber juga mendemonstrasikan cara pengelolaan Bunga Telang untuk dijadikan minuman, ada beberapa fariasi pembuatan minuman dari bunga telang, minuman Bunga Telang Uwu yang dimana bahan-bahannya ada : Jahe, Serei, Ada minuman Bunga Telang Majito minuan yang berlayer seperti yang biasa dijumpai di restoran, dan yang paling simpel bisa dikonsumsi setiap hari Lemon Bunga Telang dibutuhkan bunga telang dan lemon saja.

Peserta sosialisasi diberikan kesempatan untuk mencoba Bunga Telang yang masih segar untuk dimakan langsung, dimana bunga telang lebih sehat saat dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan.

Selama kegiatan sarasehan, peserta sangat antusias mengikuti penjelasan dan banyak diskusi terkait budidaya, maupun pengolahan sebagai produk konsumsi sehari-hari, serta kosmetik.  Ucapan Terimakasi dari masyarakat, melalui kegiatan ini warga masyarakat menjadi paham bagaimana budidaya bunga telang yang baik, pengolahan, serta pemanfaatannya selain itu masyarakan kini juga lebih aware mengenai kesehatan tubuh yang harus dijaga dari dalam maupun luar. Ucapan Terimaksih kembali juga disampaikan oleh Mahasiswa KKN UNIKAMA Desa Purwosekar karena sudah diberikan ruang, kesempatan waktu untuk berbagi Ilmu.

Kegiatan ditutup dengan pembagian sampel produk minuman Bunga Telang dan Foto Bersama.